Kendaraan Pedesaan Wintor dan Mahesa Nusantara Jadi Wujud Keberhasilan Tiga Tahun Jokowi – JK di Sektor Industri

MAHATANews – Hari ini, Jumat (20/10), tepat tiga tahun masa kepemimpinan Presiden Jokowi bersama Wapres Jusuf  Kalla.

 

Banyak prestasi dan perubahan yang telah dilakukan selama tiga tahun  ini  era pemerintahan Jokowi -JK, baik di sektor ekonomi, pariwisata, Industri, dan yang paling menonjol adalah pembangunan Infrastruktur.

 

Khususnya di bidang Industri, memasuki tiga tahun kepemimpinan Presiden Jokowi telah berhasil meningkatkan laju pertumbuhan Industri nasional.

 

Hal ini ditunjukan dengan keberhasilan Kementerian Perindustrian dengan stake holder Industri Otomotif lokal dengan melahirkan dua sekaligus produk Kendaraan Nasional yang kini disebut  dengan Kendaraan Pedesaan.

 

Di Awal Agustus, Kementerian Perindustruan yang berkejasama dengan PT Astra OtoParts berhasil memproduksi Kendaraan Pedesaan Generasi Pertamanya yang diberi nama Wintor.

 

Wintor ini merupakan salah satu moda angkutan desa yang digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan berupa Kelapa Sawit.  Kendaraan Pedesaan Generasi Pertama ini telah berhasil menembus pasar Ekspor ke Malaysia.

 

Presiden Jokowi di akhir bulan juli secara langsung melepas Ekspor perdana Kendaraan Pedesaan “Wintor ” ini Cikarang Bekasi didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan para petinggi dari Astra Otoparts .

 

Sebulan kemudian, Kementerian Perindustrian kembali mengepakan sayapnya dan  bersinergi bersama  Institut Otomotif Indonesia ( IOI ) dengan memperkenalkan prototype Kendaraan Pedesaan Generasi Kedua yang diberina nama ” Mahesa Nusantara “.

 

Mahesa Nusantara ini merupakan alhasil kerjasama Kemenperin,IOI, bersama stake holder Industri otomotif terkait serta beberapa perguruan tinggi .

 

Kendaraan Pedesaan Generasi Kedua yang  digagas  oleh Presiden IOI, Made Dana Tangkas ini merupakan moda angkutan pedesaan multiguna dan dapat dikombinasikan dengan beberapa Alat Mesin Pertanian ( Alsintan ).

 

Rencananya, Mahesa Nusantara ini baru akan dimulai produksi massal pada tahun 2018 mendatang .

 

Mahesa Nusantara ini juga telah mendapatkan restu dari  Presiden Jokowi untuk melakukan mass production, terbukti pada 17 September lalu beliau didampingi Seskab Pramono Anung meninjau langsung prototype  Kendaraan Pedesaan Generasi Kedua ini di Kiat Motor, Klaten Jawa Tengah.

 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas hasil karya anak bangsa ini di sektor Industri Otomotif . “Tugas pemerintah memberikan dorongan agar gagasan seperti ini bisa masuk ke pasar,”  ujar Presiden Jokowi saat itu.

 

“Kalau selesai (uji emisi dan sertifikasi), _bussines plan_ harus sudah jelas dipasarkan kepada siapa, harganya berapa, apakah bisa bersaing dengan produk dari misalnya Tiongkok, Korea, Jepang?”  tegasnya.

 

Kedua karya murni anak bangsa ini patut mendapatkan acungan jempol , karena produk produk nasional yang lahir di era pemerintahan Jokowi JK ini sebagai bukti bahwa sebenarnya sumber Daya Manusia Indonesia mempunyai potensi yang tidak kalah dengan negara negara luar.

 

Sekarang tinggal bagaimana pemerintah bersinergi dengan para pemangku kepentingan dalam membangun bangsa Indonesia yang maju dan berintegritas.

 

Red

Editor : Intan

Mungkin Anda juga menyukai